Letaknya diujung Desa Siderapersis berbatasan dengan desa trans yang baru diresmikan yakni Desa Bulu Poutu Jaya di Kabupaten Donggala.Kurang lebih 20 km dari Bandara Mutiara Palu dan kurang dari setengah jam perjalanan dari rumahku di Palu.

Desa trans ini merupakan salah satu sumber sayur mayur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Palu seperti terong, mentimun, lombok keriting, cabe rawit dan lain-lain. Bahkan bawang goreng krispi yang terkenal sebagai oleh2 dari Palu, sumber bahan baku utamanya berasal dari Desa ini.

Aku langsung jatuhcinta begitu melihatnya. Lahan yang terhampar luas, datar bagaikan lapangan sepakbola dan dikelilingi bukit-bukit menjulang disekitarnya. Wow sungguh pemandangan yang luar biasa! Sayangnya disana sini kering dan gersang. Tak satupun pohon yang tumbuh di atasnya, hanya rumput kering dan semak belukitar disekitarnya.

Diatasnya matahari yang menyengat dipenuhi awan putih bergulung-gulung dengan biru langit yang melatarbelakanginya, sungguh indah bagi pecinta alam yang mengagumi ciptakaan Tuhan. Esok paginya kamiterpesona dengan riuhnya bermacam burung terbang diatasnya, dan ketika segerombol sapi berduyung-duyung tiba dinaungi puluhan burung bangau di atasnya.Subkhanalloh…cantiknya desa ini…..

Terbersit dalam pikiranku untuk sedikit membuatnya hijau.Ikut berpartisipasi dalam Gerakan Sejuta Pohon? Why not?…ups. terlalu jauh khayalku melayang… Aku harus mencari tahu pemiliknya…siapa tahu bisa diajak bersama-sama mewujudkan khayalku? Pucuk dicinta ulam tiba, seminggu kemudian teman bisnis suamiku, mas Dodi menawarkan lahan dengan harga supermurah? Harga per satu meter perseginya lebih murah dari harga sepotong pisang goreng. Bergegas kami menemui pemiliknya, Bapak Usman eks kepala Desa Sidera yang konon kabarnya ayahnyapuluhan tahun menjadi Kades Desa tersebut. Deal..sejak hari itu, lahan luas, kering dan gersang tapi begitu cantik dihatiku itu menjadi milik kami.

Pada kesempatan ini terima kasihku untuk mas Dodi dan pak Usman yang memberi kami peluang untuk memiliki kebun pertama kami.

Yang dapat kupelajari dari hikmah ini adalah Alloh SWT memberi kami rizki dengan caraNya sendiri.

Itu semua yang mendorong kami untuk membagi pengalaman berkebun ria kepada teman2 melalui Blog Green4Sidera .

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s